Menampilkan butir-butir berdasarkan tagar: mts

Tipe Guru yang Di Senangi dan Di Rindukan Oleh Siswa? Mau tau? Yuk simak terus!

 

Hallo semuanya human human ku yang lagi baca artikel ini. Oh iya ngomong-ngomong artikel kali ini bakalan beda lhoo temanya dengan artikel-artikel lainnya. Mau tau apa sih bedanya? Ini artikelnya lebih ke buat para guru-guru yang ada di Indonesia atau sekalian buat guru-guru di luar negeri juga hahah.

Nah kali ini kita bakalan cari tau gimana sih jadi tipe guru yang paling di senangi dan di rindukan oleh siswa??? Mau tau?? Makanya yuk simak terus yaa!

Guru itu merupakan sosok yang tulus dalam mencurahkan sebagian waktunya untuk mengajar dan mendidik siswa, sementara dari sisi finansial yang di dapatkan sangat jauh dari harapan. Gaji seorang guru rasanya terlalu jauh untuk mencapai kesejahteraan hidup layak sebagaimana profesi lainnya. Hal itulah kiranya menjadi salah satu yang menlatar belakangi mengapa guru di sebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Maka dari itu kita sebagai siswa harus menghormati dan menghargai jasa-jasa para guru. Setiap guru tentunya mempunyai cara menyampaikan materi atau tugas yang berbeda-beda. Memahami kondisi siswa adalah hal yang sangat penting dalam menentukan teknik dan bagaimana cara yang akan kita terapkan dalam menjelaskan materi. Nah ada juga tipe-tipe guru yang di senangi siswa dan di rindukan.

Tipe Guru yang Di Senangi dan Di Rindukan Oleh Siswa

Kalau menurut pendapatku tipe-tipe guru yang di senangi siswa yang pertama itu adalah yang selalu mengerti anak-anaknya dan adil sesama murid dan jangan pernah membanding-bandingkan siswa satu dengan siswa yang lainnya.

Baca Juga: Sombong Membawa Malapetaka, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Yang kedua guru yang asyik dan saat mengajar anak-anaknya mengerti dengan apa yang di jelaskan di materi tersebut, ntah itu dengan cara mengajar yang tidak bertele-tele dan langsung tho the point yang paling penting tidak galak dengan siswa-siswanya.

Dan jadilah guru yang ketika di luar kelas bisa menjadi sahabat tapi ketika di dalam kelas tetap berperan menjadi guru yang mengasyikkan bagi siswa-siswanya. Jadilah guru yang kalau mengajar tidak terlalu serius dan bisa bergaul dengan siswa-siswanya ketika berada di luar kelas namun bisa tetap mengajar dengan gaul di hadapan siswa-siswanya.

Mulailah Pendekatan Terlebih Dahulu Dengan Anak-Anak

Menurutku juga jangan hanya menjadi guru tapi jadilah juga orang tua kedua bagi siswa-siswanya, jadi ketika di sekolah  anak-anak merasa kalau dia itu mempunyai orang tua kedua di sekolahnya. Menjadi orang tua kedua di sekolah bagi siswa-siswanya itu bisa di mulai dengan pendekatan dengan siswa-siswanya, dengan cara belajarlah peka terhadap kondisi anak-anak.

Ketika anak itu kelihatan sedang ada masalah di rumahnya, ayo mulai rangkul dia agar dia bisa curhat dan bercerita tentang masalahnya dia. Dengan cara siswa curhat juga tanpa kita sadari itulah hal yang akan di rindukan oleh anak-anak.

Inilah keluhan yang sering terjadi dengan anak-anak zaman sekarang ketika sang guru selalu memprioritaskan sesuatu yang bernama “nilai” Kebanyakan guru-guru hanya melihat siswa-siswanya harus pandai dalam hal akademik saja. Padahal kan semua anak itu bintang dan mereka pasti mempunyai bakatnya masing-masing. Ada yang berbakat di bidang akademik dan non akademik. Dan itulah yang membuat siswa-siswa nya merasa malas  oleh guru yang selalu memprioritaskan nilai akademik.

Nah itulah tipe-tipe guru yang paling di senangi dan di rindukan oleh siswa. Jadi gimana guys? Mau nggak jadi guru yang di senangin dan di rinduin oleh siswanya? Kalau mau?  Yuk ubah mindset kita demi anak-anak nyaman ketika di ajar oleh kita! ^^ itu aja sekian dari saya, semoga bermanfaat yaa dan jangan lupa share ke 100 turunan kalian yaa heheh…

dilansir dari The ambyar

Diterbitkan di Artikel
Ditagarkan di bawah

Haii teman teman yang lagi baca artikelku. Beberapa hari yang lalu mungkin temen-temen smp atau mts baik dari negeri atau swasta yang tahun ini lulus sudah daftar di sekolah lanjutan pada tahap satu kan dan tanggal 21 juni kemarin sudah ada pengumumannya.

 

    Dan untuk kalian yang sudah di terima di tahap 1 selamat yaaa! Apalagi kalian yang daftar pakai jalur prestasi di sekolah-sekolah impian kalian. Dan untuk kalian yang belum diterima jangan khawatir masih ada tahap 2 jadi jangan merasa gagal kalian itu tidak gagal tapi belum  waktunya berhasil sajaa…

Oh iya buat kalian yang berasal dari sekolah swasta, kalian jangan ragu untuk bisa masuk negeri. Karena swasta juga bisa kok masuk negeri dengan jalur-jalur seperti prestasi akademik, kejuaraan, ketm, dan lainnya. Mungkin yang dari sekolah swasta itu memang cukup rumit karna sekolah harus menginput manual biodata, nilai raport, rengking hmm pokoknyaa rumit banget deh. Dan memang bagi beberapa sekolah swasta hal itu adalah kesulitannya..

Swasta? Tidak Salah untuk Mencoba

Tapi jangan khawatir, coba saja duluu karna swasta tidak membatasi siswa-siswanya untuk masuk ke sekolah negeri apalagi sekolah-sekolah favorit.. Oh iya sekolahku juga swasta lohh, tapi alhamdulillah angkatan tahun ini banyak yang berminat masuk ke sekolah negeri bahkan hampir 87% dari siswanya itu masuk negeri..

baca juga : Dampak dan Bahaya Pembullyan ?

Bahkan ada juga beberapa yang daftar di tahap satu ini lewat jalur prestasi di sekolah negeri favorit dan alhamdulillah semuanya diterima. Walaupun perjuangannya berat banget dan banyak kesulitan-kesulitan sebelumnya tapi kami gak menyerah. Sampai akhirnya semua beres dan saat hasil seleksi alhamdulillah yang daftar jalur raport di sekolah negeri semuanya di terima…

Jadi walaupun kalian sekolah di swasta kalian jangan pernah ragu dan khawatir untuk masuk ke sekolah negeri favorit kalian. Asal kalian mau berikhtiar dan jangan lupa selalu berdoa jugaaa… semangat yaa yang nanti daftar tahap 2..

Berikut beberapa sekolah negeri yang telah menerima siswa-siswi MTs Hidayatus Shibyan sebagai calon muridnya:

  1. SMAN 2 Cirebon
  2. SMAN 5 Cirebon
  3. MAN 2 Kota Cirebon
  4. MAN 2 Model Cirebon
  5. SMKN 6 Kuningan
  6. SMKN 1 Cirebon

Yaap mungkin itu saja artikel kali ini.. semoga bisa membantu menjawab keraguan kalian yaaa! Inget swasta tidak menjadi alasan buat kalian daftar di sekolah negeri impian kalian. Nah di artikel selanjutnya aku akan kasih tips nih buat kalian apa aja yang harus di persiapkan untuk kalian yang nanti mau lanjut ke sekolah negeri. Hmm tentunya siap mental juga sihh hehee.. Jadi, yuk jangan pernah takut untuk masuk ke sekolah swasta, terutama di MTs Hidayatus Shibyan hehe. Makasiii yaaa see you…

dilansir dari The ambyar

Diterbitkan di Artikel
Ditagarkan di bawah